Sabtu, 18 Juni 2011

Ngopi

Minum Kopi tentu bukanlah hal yang asing bagi kita semua, bahkan anda mungkin termasuk penggemar minuman ini. Di beberapa daerah Negara Indonesia aktifitas "ngopi" sangat kental dengan sosialisasi dan pergaulan, hal ini dapat dilihat dengan banyaknya warung kopi yang bertebaran mulai dari kalangan bawah hingga kalangan atas yang selalu ramai pengunjung. Bahkan untuk mengetahui kabar terbaru di daerah tersebut, kita hanya perlu pesan satu cangkir kopi dan mendengarkan obrolan-obrolan orang di warung kopi itu, maka secara garis besar anda sudah mengetahui apa kabar hangat yang sedang terjadi di daerah itu. Hal ini seperti yang sering saya alami sendiri, di daerah asal saya mayoritas suka minum kopi di warung. Saat saya pulang dari perantauan maka untuk mengetahui kabar terbaru di kampung halaman adalah ngopi di warung dan mendengarkan. Seperti sekilas berita yang terus bersambung, informasi-informasi seputar kejadian terbaru meluncur, bahkan bila anda tidak bertanya sekalipun, cukup sabar dan mendengarkan.

Ternyata minum kopi dalam jumlah wajar ( 2 sampai 3 cangkir sehari ) mempunyai beberapa manfaat untuk tubuh kita, berikut ini saya rangkum manfaat kopi dari berbagai sumber
  • Mencegah penyakit saraf, kopi berkafein mencegah penyakit Parkinson dan Alzheimer, antioksidan dalam kopi mencegah kerusakan sel yang berhubungan dengan penyakit Parkinson sedangkan kafein sendiri akan menghambat peradangan dalam otak yang sering dihubungkan dengan Alzheimer.
  • Melindungi daerah mulut, kafein memiliki kemampuan antibakteri dan antilengket sehingga melindungi gigi dari bakteri yang menggerogotinya sehingga menimbulkan lubang pada lapisan gigi, minum kopi satu cangir sehari terbukti dapat mencegah resiko kanker mulut hingga separuhnya juga senyawa yang ditemukan dalam kopi bermanfaat untuk membatasi pertumbuhan sel kanker dan kerusakan DNA ( saya teringat saat masih tinggal di kota Luwuk Sulawesi Tengah dulu, oleh-oleh khas dari tempat tersebut adalah ikan asin, warga setempat biasa menyebutnya dengan ikan kering, ikan kering ini sangat amis baunya sehingga saat membungkusnya dalam kardus pedagang ikan kering menebarkan kopi bubuk didalam kardus disekitar ikan yang sudah dibungkus koran, dan bau amis ikan kering pun jadi hilang )
  • Menurunkan resiko kanker payudara, Menjelang masa menopause wanita yang mengonsumsi kopi 4 cangkir sehari mengalami penurunan resiko kanker payudara sampai 38 persen, demikian menurut sebuah studi yang dipublikasikan di Journal Nutrition Kopi melepaskan phytoestrogen dan flavonoid yang dapat menahan pertumbuhan tumor. Namun konsumsi kurang dari 4 cangkir tidak akan mendapatkan manfaat ini.
  • Mencegah Batu Empedu. Batu empedu tumbuh ketika lendir di dalam kantong empedu memerangkap kristal-kristal kolesterol. Xanthine, yang ditemukan di dalam kafein, akan mengurangi lendir dan risiko penyimpanannya. Dua cangkir kopi atau lebih setiap hari akan membantu proses ini.
  • Melindungi kulit. Konsumsi 2-5 cangkir kopi setiap hari dapat membantu menurunkan risiko kanker kulit nonmelanoma hingga 17 persen. Kafein dapat memacu kulit untuk membunuh sel-sel prakanker, dan juga menghentikan pertumbuhan tumor.
  • Mencegah diabetes. Orang yang mengonsumsi 3-4 cangkir kopi reguler atau kopi decaf (dengan kadar kafein yang dikurangi) akan menurunkan risiko mengembangkan diabetes tipe II hingga 30 persen. Asam klorogenik dapat membantu mencegah resistensi insulin, yang merupakan pertanda adanya penyakit ini.  
  • Menghambat Penurunan fungsi kognitif. Studi atas 4.197 wanita dan 2.820 pria di Perancis menunjukkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33 persen pada wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein.
  • Kafein mengurangi derita sakit kepala. Penelitian menemukan kafein yang terdapat dalam kopi atau teh (dalam jumlah tertentu) sanggup menolong mengobati sakit kepala. Menurut Seimur Diamond, M.D., dari Chicago’s Diamond Headache Clinic. Penderita migrain dalam kategori ringan dapat disembuhkan dengan secangkir kopi pekat atau secangkir black tea. Jadi, sebelum mengkonsumsi obat cobalah dulu sembuhkan sakit kepala Anda dengan minuman berkafein.
  • Kafein membantu Anda untuk bisa berpikir lebih cepat. Cobalah mengkonsumsi kopi atau teh 15 menit atau 30 menit sebelum Anda melakukan wawancara pekerjaan atau memberikan presentasi pada atasan. Hasilnya mungkin akan cukup lumayan, karena kafein yang terdapat pada kopi atau teh terbukti mampu memberikan ’sinyal’ pada otak untuk lebih cepat merespon dan dengan tangkas mengolah memori pada otak. (dulu waktu masih kuliah saya jarang belajar hanya pada saat mau ujian saja, ketika besoknya ujian malamnya saya belajar sambil minum kopi, dan Alhamdulillah hafalan materi kuliah cepat nyantol ke otak saya, tapi hafalan tersebut tidak bertahan lama hari berikutnya saya sudah lupa)
  • Melegakan napas penderita asma, kafein bisa melegakan napas penderita asma dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru
  • Kafein dapat membuat badan tidak cepat lelah, kafein bisa membuat kita melakukan aktifitas fisik lebih lama, di perkirakan karena kafein membuat “bahan bakar” yang dipakai otot lebih lama. Kafein bisa meningkatkan rasa riang, membuat kita merasa lebih segar dan energik.
  • ,Mencegah osteoporosis, perempuan yang minum dua cangkir kopi atau lebih per hari dapat mengurangi risiko terkena pengeroposan tulang (osteoporosis).
Namun demikian, kopi juga memiliki efek negatif. Kafein sebagai kandungan utama kopi bersifat stimulan yang mencandu. Kafein mempengaruhi sistem kardiovaskuler seperti peningkatan detak jantung dan tekanan darah. Dampak negatif itu muncul bila Anda mengkonsumsinya secara berlebihan.
Bagi kebanyakan orang, minum dua sampai tiga cangkir kopi tidak memberikan dampak negatif. Meminum kopi dengan frekuensi lebih dari itu bisa menimbulkan jantung berdebar-debar, sulit tidur, kepala pusing dan gangguan lainnya. Oleh karena itu, bagi mereka yang mengkonsumsi kopi agar tidak mengantuk–misalnya karena kekurangan tidur– disarankan agar konsumsinya disebar sepanjang hari.
Riset mengenai hubungan konsumsi kopi dengan keguguran kandungan tidak memberikan kesimpulan seragam. Tetapi, untuk amannya ibu hamil disarankan tidak minum lebih dari satu cangkir kopi sehari.


      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar